Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
Kicau Mania
Menu
Kategori
Burung
Kicau Mania

Selamat datang di SahabatKicau.com

Kicau Mania Burung Tiba-tiba Lumpuh, Penyebab dan Penanganannya Burung Tiba-tiba Lumpuh, Penyebab dan Penanganannya

Burung Tiba-tiba Lumpuh, Penyebab dan Penanganannya

23 Mei 20 05:16:14

Saat ini banyak ditemui kasus burung tiba-tiba seperti lumpuh, lemah tidak bertenaga dan hanya nyekukruk di dasar sangkar, meski kalau diberi makan dia masih mau menyantapnya.

Kalau kondisi seperti ini, biasanya antibiotik tidak bisa membantu. Burung seperti itu pada awalnya bukan disebabkan terkena serangan mikroba dan karenanya tidak memerlukan antibiotik untuk pengobatannya.

Burung lumpuh ini banyak penyebabnya, mulai dari faktor usia, karena sudah tua jadi mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Bisa juga burung lumpuh karena kekurangan vitamin D, kurangnya vitamin D ini bisa jadi karena kurang dijemur, makanan kurang bergizi, dan kurang multivitamin. Burung lumpuh tiba-tiba juga bisa dikarenakan karena kukunya yang terlalu panjang jadi kesulitan untuk berdiri dan berjalan. Yang paling ditakutkan yaitu burung lumpuh karena serangan virus atau jamur, biasanya efeknya tiba-tiba tidak ada gejala yang menonjol sebelumnya, tau-tau lumpuh saja.

Hal seperti itu juga umumnya disebabkan burung kekurangan asupan mineral, khususnya kalsium. Kekurangan salah satu mineral akan membuat burung ngedrop karena tanpa mineral yang cukup, maka vitamin dan makanan lain tidak akan terolah dengan baik di dalam sistem pencernaan dan metabolisme burung.

Ketika burung kondisi ngedrop, maka muncullah anemia. Burung sangat lemas tidak bertenaga.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengatasi anemianya dengan memberikan vitamin B12. Karena tidak ada preparat tunggal B12, Om bisa memberikan vitamin B complex atau multivitamin lainnya dengan kandungan B12 yang besar.

Pada saat yang sama, burung harus tetap mendapatkan asupan makanan yang baik. Hanya saja, selama sistem pencernaannya belum berfungsi normal, akan sulit bagi dia mendapatkan energi yang cukup untuk bertahan hidup.

Jika burung masih mau makan dan dia adalah pemakan serangga, berikan saja kroto dengan dicampur multivitamin, misalnya IndoVit dan Mineral Express. Multivitamin yang dilarutkan ke air dan berharap burung mau meminumnya adalah pekerjaan yang sia-sia karena yang terminum hanya sedikit.

 

PERHATIAN:

Usahakan pemberian apapun supaya masuk ke dalam pencernaan burung tidak dengan cara dipegang. Sebab, burung dalam kondisi drop, jika dipegang akan seperti tersentak karena tidak punya labirin dan hal ini bisa menyebabkan kematian.
Untuk memberi asupan pakan burung seperti ini usahakan dengan menggunakan injeksi yang ujungnya diganti dengan selang kecil. Tetes-teteskan apa yang kita harapkan dikonsumsi burung itu di atas paruh dengan harapan ada bagian yang masuk ke mulut burung dan terminum.

Repot memang, tetapi itulah cara terbaik yang pernah disarankan Burung dalam kondisi sakit, jika tertekan di bagian dada bisa langsung tersedak dan mati di tangan kita.

ABOUT US

sahabatkicau.com hadir sebagai wadah informasi dan referensi untuk kicaumania, agar kicaumania bisa belajar dan menemukan solusi atas persoalan dan kebutuhan informasi di Dunia Burung.

Semoga sahabatkicau.com memberikan manfaat bagi kicaumanias.

Salam Kicaumania

Hubungi Kami
Burung
©2018 Sahabat Kicau All right reserved   Developed by javwebnet